Jumat, 15 Februari 2013

Dua Kelompok Pendemo Gelar Aksi di Pertigaan Enggano


Soroako-Media Centre Indonesia,
Memasuki hari kedua (12/02) aksi Demo di pertigaan Enggano masih terpantau aman lancar, meski di lokasi tersebut ada dua kelompok dengan kepentingan yang berbeda. Kelompok pertama mendirikan tenda di sebelah kiri mengarah ke Wasponda dan kelompok kedua di sebelah kanan mengarah ke Soroako, tenda sebelah kiri didirikan oleh kelompok pendemo yang menuntut transparansi penerimaan karyawan PT.VALE Indonesia Tbk. yang diduga sarak permainan penyuapan, sedangkan tenda sebelah kanan didirikan oleh pendemo dari kelompok masyarakat Timampu yang menuntut ganti rugi lahan persawahan mereka yang terendam air.

Menurut informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan bahwa tuntutan kelompok masyarakat dari Timampu tersebut menyebutkan bahwa tuntutan mereka sudah dilayangkan sejak lama, tepatnya saat area pertambangan dikelolah oleh PT.INCO. Namun hingga peralihan ke PT.VALE Indonesia Tbk. belum ada realisasi ganti rugi, disebutkan juga bahwa pihak pengelolah tambang hanya bersedia memberikan ganti rugi sebesar 13 juta/hektarnya yang menurut warga sangat minim untuk menutupi kerugian material yang diakibatkan oleh terendamnya area persawahan mereka.

Informasi terkait aksi warga Timampu ini akan terus digelar hingga adanya keputusan, sementara saat MCI meninjau langsung ke lokasi demo mendapatkan informasi yang menyebutkan bahwa pada pukul 14:00 Wita hari ini (12/02) beberapa perwakilan dari warga akan mendatangi Eksternal PT.VALE Indonesia Tbk. untuk mempertanyakan perihal tuntutan mereka.
Sementara di tempat terpisah kelompok pendemo yang tuntutan berkenaan dengan dugaan suap penerimaan karyawan tidak satu pun yang bersedia dimintai keterangan sebab mereka beralasan bahwa kelompok mereka terbagi dua yang salah satunya menggelar aksi di Wasponda.(wan/***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar